Welcome to my blog "BLOGGER SENI"

Kamis, 25 Juli 2013

PENGERTIAN KARIKATUR dan CARA PEMBUATANNYA

  • PENGERTIAN KARIKATUR dan CARA PEMBUATANNYA

        Karikatur adalah gambar atau penggambaran suatu objek konkret dengan cara melebih-lebihkan ciri khas objek tersebut, biasanya objek tersebut adalah waja manusia. Kata karikatur berasal dari kata Italia caricare yang berarti memberi muatan atau melebih-lebihkan. Karikatur menggambarkan subjek yang dikenal dan umumnya dimaksudkan untuk menimbulkan kelucuan bagi pihak yang mengenal subjek tersebut. Karikatur dibedakan dari kartun karena karikatur tidak membentuk cerita sebagaimana kartun, namun karikatur dapat menjadi unsur dalam kartun, misalnya dalam kartun editorial. Orang yang membuat karikatur disebut sebagai karikaturis.      Karikatur sebagaimana yang dikenal sekarang berasal dari Italia abad ke-16. Pada abad ke-18, karikatur telah menjangkau masyarakat luas melalui media cetak dan, terutama di Inggris, telah menjadi sarana kritik sosial dan politis. Selain sebagai bentuk seni dan hiburan, karikatur juga telah digunakan dalam bidang psikologi untuk meneliti bagaimana manusia mengenali wajah.
Dalam membuat karikatur, karikaturis melakukan observasi untuk menentukan ciri khas yang membuat subjeknya berbeda dari orang lain, dan melebih-lebihkan ciri tersebut. Untuk itu, karikaturis membandingkan wajah subjeknya dengan wajah orang rata-rata, dan melebih-lebihkan perbedaannya. Misalnya, jika subjek karikatur memiliki hidung yang lebih panjang dibandingkan orang rata-rata, gambaran hidung subjek tersebut di karikaturnya akan jauh lebih panjang. Namun demikian, bagaimana ciri khas tersebut dilebih-lebihkan sering bergantung pada gaya menggambar masing-masing karikaturis.
Sebelum kita memulai menggambar, ada kalanya kita persipkan alat-alatnya, alat-alat yang di gunakan sebagai berikut :
  • Pensil
  •  Kertas
  •  Serutan
  • Penghapus
  • Papan alas 
  • Tisu
Gambar alat-alat yg perlu di gunakan.

 
(pensil)
Untuk pensil yang saya pakai di sini adalah pensil faber castell dan ukuran yang saya pakai adalah B,2B,3B,4B,5B,6B dan 7B.
 
 
(Kertas)
Kertas yang saya pakai adalah kertas hvs,untuk hasil yg lebih maksimal anda bisa memakai kertas yang khusu untuk sketch agar seni sketchnya pun lebih terlihat.

 
(Papan) 
Pemakaian papan harus melihat dasar papan yang bersih dan halus agar hasil gambar bagus.
 (Penghapus)

Usahakan hapusan yang berwarna hitam,di karenakan daya hapus yang bagus tanpa bekas contoh : BOXY,Faber-castel extra clean smooth,dll.

 (Tisu)
Jenis tisu yang di pakai pun kalau bisa yang lembut,agar dapat melembutkan arsiran,jangan pakai tisu yang kasar.
(Rautan)
Rautan pun di pakai yang hasil serut nya bagus. 
 

TAHAP - TAHAP PEMBUATAN :



1. Buatlah pola  dasar tipis saja menggunakan pensil B atau 2B.


2. Buatlah pembetukan wajah (alis,mata,hidung dan rahang).
 
 3. Koreksilah bentuk pola dasar gambar dan jika perlu sesuaikan kembali gestur tubuh dengan mimik wajah yang akan di tampilkan,dan bentuk elemen wajah (hidung).

 4. Pembetukan elemen wajah (kuping,bibir,dan gigi),buat buat lah lekukan wajah nya tipis-tipis.

5. Mulai membuat pola rambut dan detailkan garis-garis di kuping tipis saja.

 6. Hapus pola awal tipis saja,dan garis tipis lagi garis-garis yang terhapus,serta arsis sedikit lekukan wajahnya.
 7. Gunakan tisu untuk memperhalus arsiran lekuk wajah.
 8. Pendetailan wajah sedikit menggunakan pensil 4B seperti (alis,mata,gusi,bibir)


 9. Lanjutkan pengarsiran tipis-tipis pada rambut.

 10. Mulai membuat pendetailan wajah dengan memainkan arsiran pada setiap lekuk wajah dan memainkan seni suryalisnya atau pencahayaan.


11. Lakukan lagi arsiran mengunakan kombinasi pensil 2B,4B dan 6B untuk memperjelas gambar dan Finish!!! (CR7).
Yang ini juga simpel kan hehehehehe,sekali lagi kalo ada yang kurang mohon maaf saya di sini hanya otodidak tanpa guru,saya hanya bertujuan menshare untuk pemula seperti saya agar bisa menggambar dan menumpahi hal yang di sukai dan hobi nya. Mohon kritik dan saranya..Semoga bermanfaat buat sobat skalian :D
Akhir kata saya ucapkan, Terima Kasih.. :)

1 komentar:

  1. Nice artwork..inilah pengertian karikatur yg sbenarnya ya gan....terus berkarya gan..

    BalasHapus